Thursday 29 March 2012

Tips Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan


Gemuk saat hamil itu biasa. Gemuk setelah melahirkan, nah ini yang dikhawatirkan banyak Bunda. Pasca melahirkan tubuh akan banyak kehilangan berat badan yang berasal dari cairan tubuh serta bayi dan plasenta. Lemak yang masih tersimpan diperlukan sebagai kalori tambahan saat menyusui dan akan berkurang dalam waktu 3 bulan. Namun demikian, Bunda masih tetap perlu berolahraga untuk dapat mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum hamil. Otot-otot perut, dada, dan otot-otot perineal perlu dikencangkan kembali. Berikut beberapa tips mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan.

1. Hindari diet ketat. Hal itu akan mempengaruhi jumlah dan kualitas ASI, Bunda jadi lelah, dan bisa berakibat sakit. Bunda tetap perlu makan yang cukup dengan gizi yang seimbang. Mengkonsumsi buah sangat dianjurkan karena vitamin yang terkandung dalam ASI sangat tergantung dari vitamin yang diasup oleh Bunda.Yang penting Bunda bugar dan sehat.

2. Olahraga ringan. Sedikitnya 10 menit setiap harinya, Bunda dapat melakukan jalan pagi, atau jalan kaki di sekitar rumah. Secara bertahap, tingkatkan ke olahraga yang lebih berat.

3. Latihan otot dada untuk memperkuat otot-otot payudara, meningkatkan sirkulasi dan produksi ASI. Bunda dapat berdiri atau duduk tegak.Kedua tangan saling berpegangan,angkat siku sejajar dengan bahu.Pegang tangan erat-erat dan dorong jauh-jauh secara bersamaan.Rileks dan ulangi beberapa kali.
Letakkan tangan di belakang punggung, lalu angkat sehingga sejajar kepala.

4. Latihan otot perut. Lakukan semua latihan berikut dengan gerakan lembut, teratur dan tanpa menimbulkan nyeri. Jika kuat, Bunda dapat mengulanginya sampai sepuluh kali, dua kali sehari.
  • Berbaring dengan lutut tertekuk, telapak kaki merapat ke lantai. Letakkan jari-jari tangan pada perut, tepatnya pada bagian yang mengalami perubahan warna saat hamil. Kemudian angkat kepala dan bahu sambil merasakan otot-otot di bawah tangan Bunda. Bila semuanya terasa kencang,artinya baik.
  • Berbaring dengan posisi sama, letakkan tangan pada bahu. Perlahan-lahan angkat kepala dan bahu. Lalu dengan lambat, turunkan kembali.
  • Berbaringlah dengan posisi yang sama, tapi silangkan tangan di atas perut, tangan kiri di pinggul kanan dan tangan kanan di pinggul kiri. Tarik tangan, lalu angkat kepala dan bahu. 
  • Berbaring dan letakkan tangan di tengah perut.Tarik napas dan rasakan perut Bunda terangkat. Lalu hembuskan napas,sambil tarik perut kuat-kuat untuk membuang napas sebanyak mungkin.
5. Latihan otot pinggul, pinggang, dan pantat.
  • Berbaring dengan lutut tertekuk dan tangan terentang ke samping. Kaki serta bahu lurus,dan lutut rapat. Putar pinggang dan ayunkan kedua lutut hingga menyentuh lantai di kiri, sementara pinggul kanan mengarah ke langit-langit. Ulangi beberapa kali bergantian. Bunda dapat melakukan latihan ini saat duduk memangku bayi, atau tiduran di tempat tidur. 
  • Berlari menaiki atau menuruni tangga.
  • Jalan cepat.
6. Berenang

Sumber : Bidanku.com

No comments:

Post a Comment