Tuesday 27 March 2012

Minum Minyak Kelapa Saat Hamil Agar Lancar Melahirkan, Mitos atau Fakta?

Saya jadi ingat saat hamil 9 bulan, Ibu mertua menyarankan untuk meminum VCO atau minyak kelapa. "Biar gampang melahirkan nantinya," begitu kata Ibu mertua.  Saya hanya senyum-senyum saja sembari berpikir apa minyak kelapa bisa jadi pelumas jalan lahir bayi. Atau mungkinkah zat-zat yang dikandung minyak kelapa dapat membuat jalan lahir bayi lebih fleksibel. Meminum minyak kelapa saat hamil juga katanya dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Yang lebih lucunya, ada yang bilang kalau minum air kelapa bisa membuat kulit bayi jadi putih. Saya kok tidak menemukah hubungan logisnya ya. Kalau memang air kelapa bisa bikin kulit putih kenapa saya yang cukup sering minum air kelapa tidak putih-putih juga.

Akhirnya saya coba cari literatur yang ada hubungannya antara VCO dan melahirkan. Ternyata belum ada penelitian yang membuktikan hal-hal di atas tadi. Saya pun tidak jadi meminum minyak kelapa. Alhamdulillah dua kali melahirkan tidak mengalami kesulitan. Menurut saya sih VCO bikin lancar lahir hanyalah mitos saja.

Banyak juga lho Bun, mitos-mitos seputar kehamilan. Ada mitos yang berhubungan dengan makanan dan minuman, seperti air kelapa, durian, daging kambing, dan mitos-mitos lainnya seperti hubungan antara bentuk perut bunda dan jenis kelamin bayi.


No comments:

Post a Comment