Wednesday 28 March 2012

Ruang Menyusui Seharusnya Seperti Ini

Pemerintah sudah mendukung program ASI eksklusif 6 bulan melalui PP No. 33/2012. Salah satu  efeknya adalah fasilitas umum seperti mal harus punya tempat menyusui. Saya belum pernah melihat ruang menyusui di Indonesia, khususnya Bandung. Tapi saya pernah menggunakan ruang menyusui di beberapa tempat umum di Australia, diantaranya di mal, tempat rekreasi, stasiun kereta. Tempatnya nyaman dan bagus Bun...

Bunda mungkin sedang membayangkan seperti apa ruang menyusui yang bagus itu. Yang jelas tempatnya bersih. Ada tempat duduk buat Bunda menyusui, tertutup, seperti pada gambar berikut. Di dalamnya ada tempat sampah juga. Ruang tersebut ada di dalam ruang yang lebih besar yang disebut parent room.

Selain tempat untuk menyusui, juga ada tempat menyiapkan makanan seperti membuat susu buat bayi yang meminum susu formula, atau memanaskan makanan. Ada microwave, tempat menghangatkan susu, dan tempat cuci tangan.

Tidak ketinggalan tempat untuk mengganti popok bayi. Ada yang berjejer kayak wastafel, ada juga yang satuan dan menyatu ke dinding. Pada gambar yang kanan, ada tempat sampahnya di bawah masing-masing tempat ganti popok. Bentuknya mirip wastafel ya Bun?
 

Rasanya tidak mengada-ada kalo kita menginginkan fasilitas ruang menyusui di Indonesia seperti di negara maju ya Bun... Mari kita tunggu seperti apa ruang menyusui yang akan dibangun oleh pemerintah atau pun perusahaan swasta di tempat-tempat umum seperti puskesmas dan mal.

Sumber gambar: wordpress.parentrooms.com.au

No comments:

Post a Comment