Sunday 1 April 2012

Status Gizi Bayi & Balita Anda

Banyak Bunda termasuk saya bertanya-tanya apakah berat badan bayi saya normal atau kurus atau di atas rata. Memang di Indonesia, status gizi balita mengacu pada berat badan bayi menurut umur. Bunda bisa menemukan kurva pertumbuhan bayi pada Kartu Menuju Sehat (KMS) yang bisa diperoleh di Posyandu. Grafik tumbuh kembang bayi yang ada di KMS ini mengacu pada standar WHO. Bunda yang tidak memiliki KMS bisa mendownload grafik pertumbuhan bayi dan balita standar WHO tahun 2006 di situs http://www.cdc.gov/growthcharts/who_charts.htm.

Selain itu, untuk mengetahui status gizi bayi, Bunda juga bisa akses situs http://kms-online.web.id. Di situs tersebut, ada software yang membantu mengetahui status gizi bayi dan balita Bunda berdasarkan umur dan berat badan (telentang/berdiri).

Tampilan input datanya seperti di bawah ini.
Setelah data dimasukkan, akan muncul hasil yang menyatakan status gizi bayi dan balita bunda. Selain itu ada juga tambahan informasi jadwal imunisasi, pemberian makanan, tahap perkembangan bayi & balita, serta rangsangan perkembangan.


No comments:

Post a Comment