Tuesday 3 April 2012

Imunisasi BCG dan Efek Sampingnya

Minggu lalu si kecil di imunisasi BCG di lengan kanan atas. Bidan yang menyuntik mengatakan nanti akan muncul bengkak dan kemudian luka seperti borok di kulit tempat disuntik. Hal itu menandakan imunisasinya berhasil. Sudah seminggu berlalu, saya memperhatikan lengan kanan atas si kecil, belum muncul bengkak atau borok seperti yang dimaksud. Saya jadi bertanya-tanya, apakah imunisasinya gagal?

Maka mulailah pencarian informasi melalui Mbah Google. Saya menemukan bengkak baru akan muncul 2-4 minggu setelah imunisasi. Oke deh, bearti saya masih perlu bersabar menunggu 1-3 minggu lagi. Tetapi bagaimana jika setelah lebih dari sebulan bengkaknya di tempat bekas suntikan belum muncul juga? Ternyata, hal itu juga bisa terjadi dan tidak berarti imunisasi gagal. Bunda tidak perlu khawatir. Antibodi yang sudah diberikan melalui vaksinasi tetap terbentuk, tetapi kadarnya rendah. Di kemudian hari, booster (ulangan vaksinasi) bisa diperoleh dari alam.

Sebenarnya, apa fungsi atau manfaat dari imunisasi BCG?
Imunisasi BCG (Basil Calmette Guerin) berfungsi untuk mencegah bayi atau anak terserang penyakit TBC yang berat, seperti meningitis TBC dan TBC miller.

Tanda keberhasilan imunisasi BCG
Imunisasi BCG dinilai berhasil jika muncul benjolan kecil dan bernanah di tempat bekas suntikan setelah 2-4 minggu penyuntikan. Benjolan atau bisul ini tidak menimbulkan sakit dan nantinya akan mengempis dengan sendirinya membentuk luka parut. Selama bejolan bernanah atau seperti luka, Bunda tidak perlu memberi obat, tidak perlu ditutup, dan tidak masalah kena air. Ini reaksi normal dari imunisasi BCG.

Efek samping imunisasi BCG
Vaksinasi BCG tidak menimbulkan panas. Namun Bunda perlu waspada jika muncul reaksi lain seperti peradangan agak berat di lokasi penyuntikan, luka benjolan tidak sembuh atau malah jadi koreng, atau pembengkakan di kelenjar limfe pada ketiak atau lipatan paha (tergantung lokasi yang disuntik). Bunda perlu berkonsultasi langsung dengan DSA.

Sumber: namanakbayi.com

No comments:

Post a Comment